Monday, November 19, 2007

Wanita dalam Pandangan Islam

Islam adalah Din (Agama) yang Mutakamil,utuh menyeluruh, sempurna dan menyempurnakan. Islam memandang wanita secara adil dan proporsional, dengan menjunjung tinggi harkat dan martabatnya, mengeluarkannya dari lumpur kejahiliyahan nan gelap gulita kepada cahaya Islam nan terang benderang.

Satu hal yang paling penting dalam tugas dan pelaksanaan Syariat Alloh SWT pada hakikatnya tiada pembedaan. Masing-masing akan mendapat pahala di sisi Alloh, sesuai dengan tingkatan iman, taqwa dan amal sholeh yang dikerjakannya.

Rosulullah SAW menempatkan wanita sebagai sebaik-baiknya hiasan dunia. Sabdanya:

"Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baiknya perhiasan adalah Mar'ah Shalihah (Wanita yang Shalihah)" (H.R.Muslim).

Nah di dalam pelaksanaan syari'at, Islam memberikan karakteristik pada diri Wanita.
1. Islam menjadikan pria sebagai pemimpin (Qawwam) atas laki-laki dan wanita. Sedangkan wanita hanya berhak untuk memimpin sesama wanita, atau apa dan siapa saja yang berada dalam tanggung jawabnya (mas'uliyahnya).(An Nisa; 34)
Sabda Rosul SAW:
"...Seorang Isteri adalah pemimpin dalam rumah tangga suaminya dan ia akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya."

2. Diberikannya hak Thalaq kepada laki-laki. Ini merupakan bukti keadilan syri'at Alloh, karena laki-laki lah yang berkewajiban untuk memberikan nafkah termasuk membayar mahar. Selain itu,laki-laki lah yang memberikan perlindungan dan ketenangan kepada wanita dalam rumah tangga agar tercapai sebuah rumah tangga SAMARA, Sakinah Mawaddah Warohmah.

3. Isteri atau wanita adalah setengah dari laki-laki dalam kesaksian di depan hakim (Qodhi), atau juga dalam masalah pembagian warisan (Al Baqoroh:182) dan (An Nisa:11). Karena laki-laki yang diberi amanah dan tanggung jawab untuk memegang amanah yang berat.

Itulah sekilas perbedaan Islam dalam pelaksanaan syari'at dengan kekuasaan dan ke-Maha Tahu-an Alloh, sehingga disesuaikan dengan tabiat dan fitrah manusia.

=====Wassalam=======

No comments: